Inilah Pengertian Bank Garansi Menurut Para Pakar dan Manfaatnya РDi dunia perbankan dan usaha, Jasa  ini cukup terkenal. Selainnya dipakai untuk mendukung kelancaran satu tugas. Ini sering menjadi salah satunya persyaratan pengajuan dan penerapan suatu project.

Walau termasuk cukuplah repot, tetapi Bank Garansi ini mempunyai peranan yang paling penting lho! Terutama bagi tugas dengan jumlah besar yang nilainya capai ratusan sampai milyaran rupiah.

Beberapa proyek itu tentu saja benar-benar riskan. Untuk menghindar rugi selanjutnya, beberapa Pemilik Project umumnya menyaratkan agunan sebagai garansi dan proteksi atas semua tipe rugi yang kemungkinan dapat terjadi.

Lalu, sebetulnya apakah itu Bank Garansi? Yok, baca artinya berdasar opini beberapa pakar berikut :

Inilah Pengertian & Manfaat Bank Garansi Menurut Para Ahli

Bank Garansi menurut Bank Indonesia (BI) : “Jaminan pembayaran yang dikasih ke yang menerima agunan bila pihak yang ditanggung tidak penuhi kewajibannya.”

Pemahaman menurut Kasmir (2002) : “Jaminan pembayaran bank kepada pihak tertentu baik berbentuk perusahaan, instansi, bagan atau perseorangan yang mana pemberian agunan atau garansi ini ditujukan supaya bank jamin seutuhnya untuk bayar kewajiban dari faksi yang ditanggung pada pihak yang terima agunan.”

Bank Garansi menurut Lukman Dendawijaya (2005) : “Suatu pernyataan tercatat dari pihak bank berkenaan kesiapan pihak bank untuk bayar pihak ke-3 jika terjadi keadaan khusus yakni nasabah bank itu tidak dapat membayar sesuai kesepakatan atau mungkin tidak dapat penuhi kewajiban yang lain.”

Pemahaman Bank Garansi menurut Lukman Dendawijaya (2005) : “Suatu pengakuan tercatat dari faksi bank berkenaan kesiapan faksi bank untuk bayar pihak ke-3 jika terjadi keadaan khusus yakni nasabah bank itu tidak dapat membayar sesuai kesepakatan atau mungkin tidak dapat penuhi kewajiban yang lain.”

Pemahaman Jasa Bank Garansi menurut Malayu S.P. Hasibuan (2006) : “Suatu sertifikasi agunan dari pihak bank ke pemilik project atas nama kontraktor yang mana nilai dari bank garansi ini harus persis sama atau mungkin tidak bisa berlainan dengan nilai project yang ditanggung.”

Bank Garansi menurut SK Direksi Bank Indonesia No.23/88/KEP/DIR 18 Maret 1991 : “Warkat yang diedarkan oleh bank (penjamin) yang berbentuk kewajiban bayar pada pihak yang menerima garansi (kreditur) jika pihak yang ditanggung (debitur) cedera janji atau wanprestasi.”

Ringkasannya, Bank Garansi sebagai Kesepakatan Tercatat yang dikeluarkan faksi Bank yang mengatakan kesiapan Bank untuk jamin nasabahnya atas satu tipe kontrak pada yang menerima agunan.

Pemahaman Bank Garansi Menurut Para Pakar dan Manfaatnya

Tujuan:

Pada umumnya dan khusus, Jasa Bank Garansi mempunyai arah :

Dipakai untuk alat memudahkan dan membuat lancar satu transaksi bisnis.
Hilangkan kekuatiran yang menerima agunan (Obligee) atas rugi yang dapat terjadi karena Principal tidak penuhi kewajibannya.

Perkuat kesepakatan dan memberi proteksi pada Obligee.
Dapat dipakai Principal sebagai salah satunya persyaratan ikuti lelang project, dan ada banyak lagi.

Apa Anda memerlukan Jasa Bank Garansi ini? Jika iya, yok selekasnya kontak kami untuk info selanjutnya dan penerbitan Surety Bond. Jangan cemas, perusahaan kami disokong oleh beragam tenaga pakar professional dan didukung oleh banyak pengalaman yang perusahaan kami punyai.

Disamping itu, kami sudah layani banyak nasabah dengan beragam keperluan. Percayakan penerbitan Bank Garansi dan Surety Bond cuma pada tempat paling dipercaya!

Baca juga: